Sejarah Sepak Bola, Mulai dari Zaman Cina Kuno hingga Modern

Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepak bola dunia, mulai dari zaman Cina Kuno. (Foto Ilustrasi: Activer For Life)

BERITAINBOLA.COM – Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak penggemarnya saat ini. Berikut sejarah sepak bola dunia, mulai dari zaman Cina Kuno hingga Modern.

Hayo siapa yang masih tak tahu dengan sejarah sepak bola?

Seperti disinggung di awal paragraf pembuka artikel ini, sepak bola merupakan salah satu olahraga paling banyak penggemarnya. Sepak bola juga menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia, terutama saat  gelaran piala dunia berlangsung.

Kejuaran sepak bola dunia diadakan 4 tahun sekali. Tahun 2022 ini berlangsung di Asia, tepatnya di Qatar.

Sepak bola merupakan permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.

Perlu digarisbawahi bahwa dalam memainkan sepak bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badannya, kecuali tangan dan lengan. Hanya satu pemain yang boleh menggunakan semua anggota badannya termasuk tangan, yakni sang penjaga gawang, untuk penggunaan tangan hanya dalam area garis pertahanan gawangnya.

Sepak bola merupakan permainan beregu yang masing-masing regunya terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak (2×45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. Dari peninggalan-peninggalan sejarah, kita mengenal beberapa sebutan sepak bola.

Sejarah Sepak Bola

Berikut sejarah sepak bola, dikutip dari buku Tim Kesebelasan Sepak Bola yang dirilis oleh Kemendikbud RI:

Pada zaman Cina Kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, sepak bola dikenal dengan istilah tanchu. Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di Perancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah Kemari.

Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation”. Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepakbola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan.

Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepakbola internasional dengan nama “Federation International de Football Assosiation” (FIFA). Atas inisiatif Julies Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia sepakbola pertama di Montevideo, Uruguay.

Pada tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bondbond. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepakbola tingkat taruna remaja dengan nama “Piala Soeratin”
(Soeratin Cup). 

Sepak Bola Kuno hingga Modern

Sejarah sepak bola dari Cina juga dibenarkan oleh Federation International de Football Association (FIFA), organisasi induk sepak bola Internasional. FIFA didirikan di Paris, Prancis pada 21 Mei
1904.

Baca juga..  10 Manfaat Bermain Sepak Bola: untuk Kesehatan hingga Keterampilan Motorik dan Sosial

Menurut FIFA, sepak bola kuno berasal dari daratan Asia Timur, China, yakni pada sekitar abad ke-2 dan ke 3. FIFA menyebut, di masa Dinasti Han, masyarakat China sudah suka melakukan sepak bola dengan cara digiring dan dimasukkan ke dalam jaring kecil.

Sementara dikutip dari Gramedia Blog, sejarah sepak bola modern mengalami perkembangan besar pada tahun 1815. Sepak bola modern sendiri berkembang di Inggris.

Permainannya dimulai dari tingkat sekolah hingga perguruan tinggi.

“Beberapa universitas dan sekolah di Inggris menjadikan sepak bola sebagai salah satu olahraga bagi para pelajarnya. Sampai pada akhirnya pada tahun 1857, berdiri klub sepak bola pertama di dunia dengan nama Sheffield Football Club di Inggris,” demikian dikutip dari laman gramedia.com.

Sejarah Sepak Bola Modern di Indonesia

Lalu, bagaimana dengan sejarah sepak bola modern di Indoneseia?

Perlu diketahui bahwa sejarah sepak bola modern di Indonesia bermula ketika dibentuknya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Lembaga ini dibentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.

Baca juga..  Teknologi VAR Sepak Bola: Manfaat, Kontroversi, dan Pengaruhnya!

Namun, dilansir dari laman PSSI, munculnya PSSI kala itu tak lekang dari kegiatan politik di Tanah Air yang menentang penjajahan lantaran dilahirkan dizaman penjajahan belanda. PSSI didirikan oleh insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo.

Soeratin sendiri menyelesaikan pendidikannya disekolah Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, jerman pada tahun 1927. Ia kembali ke
tanah air pada tahun 1928.

Dua tahun berselang, ia mendirikan PSSI. Tak sendirian, Soeratin merintisnya bersama wakil VIJ (Sjamsoedin – mahasiswa RHS), wakil Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB) Gatot, Persatuan Sepak bola Mataram (PSM), Yogyakarta Daslam Hadiwasito, A.Hamid, M. Amir Notopratomo, Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB) Solo Soekarno, Madioensche Voetbal Bond (MVB), Kartodarmoedjo, Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) E.A Mangindaan (saat itu masih menjadi siswa HKS/Sekolah Guru, juga Kapten Kes.IVBM) Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (SIVB) diwakili Pamoedji.

Mulanya, kala pertamakali dibentuk PSSI merupakan kepanjangan dari Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia. Nama PSSI ini kemudian diubah dalam kongres PSSI di Solo 1950 menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Pada kongres tersebut, ditetapkan Ir. Soeratin sebagai Ketua Umum PSSI.

Peristiwa Penting Bersejarah dalam Sepak Bola

Berikut 5 peristiwa penting yang menjadi saksi perjalanan sejarah sepak bola modern berdasarkan tahunnya:

  • Tahun 1863, terbentuknya Asosiasi Sepak Bola Inggris.
  • Tahun 1885, diselenggarakannya pertandingan di luar wilayah Inggris, yaitu Kanada melawan Amerika.
  • Tahun 1886, diadaannya rapat pertama kali dengan agenda membahas pembentukan organisasi yaitu Asosiasi Sepak Bola Dunia.
  • Tahun 1888, ditetapkan aturan bahwa wasit sudah mulai memegang penuh kendali dalam pertandingan.
  • Tahun 1904, FIFA terbentuk di Prancis dengan beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia dan Prancis.

1 thought on “Sejarah Sepak Bola, Mulai dari Zaman Cina Kuno hingga Modern

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *