Al Hilm: Bola Semifinal dan Final Piala Dunia 2022 Bisa Putuskan Offside Semi Otomatis

Bola semifinal dan final Piala Dunia 2022

Bola Al Hilm, bola khusus untuk pertandingan semifinal dan final Piala Dunia 2022. (Foto: Dok. FIFA)

BERITAINBOLA.COM – Bola semifinal dan final Piala Dunia 2022 Qatar bisa memutuskan offside dengan semi otomatis. Bola tersebut bernama Al Hilm, dirilis FIFA pada Minggu (11/12/2022).

Ada teknologi canggih dalam bola baru itu, dibuat dengan teknologi kecerdasan buatan. Al Hilm dibuat oleh Adidas.

Bola itu akan menggantikan Al Rihla yang sebelumnya digunakan sejak fase grup hingga perempat final.

Al Hilm dalam bahasa Arab dimaknai sebagai ‘mimpi’. Bola ini akan melanjutkan kiprah Al Rihla yang bermakna ‘perjalanan’.

Melihat desainnya, bola ini dibuat dengan warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus. Corak itu terinspirasi dari padang pasir yang berkilauan di sekitar kota Doha, warna trofi Piala Dunia, serta pola bendera Qatar.

Baca juga..  Skuad Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026 vs Vietnam: Ada 4 Pemain Baru Naturalisasi

Dilansir dari laman FIFA, di dalam bola Al Hilm ada teknologi ‘connected ball’ yang akan sangat membantu wasit dan pertandingan. Teknologi yang dibuat oleh Adidas ini sebelumnya tak ada dalam bola Al Rihla.

Dalam Al Hilm terdapat sensor IMU (Inertial Measurement Unit) yang mendukung pengambilan keputusan lebih cepat dan akurat.

Direktur Teknologi dan Inovasi sepak bola FIFA, Johannes Holzmueller menerangkan, sensor itu akan menangkap data gabungan dari bola di lapangan dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan yang dapat memutuskan offside semi-otomatis.

“Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi penting tambahan tersedia untuk petugas video [VAR -red] pertandingan,” terangnya, dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (12/12).

Baca juga..  Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Erick Thohir Puji Diplomasi Olahraga Jokowi

“Data dari bola membuka wawasan baru untuk menceritakan momen-momen unik di lapangan Piala Dunia ini,” tambah dia.

Sesuai jadwal, babak semifinal Piala Dunia 2022 akan digelar pada Rabu (14/12) dan Kamis (15/12) dini hari WIB. Kemudian, partai finalnya berlangsung pada Minggu (18/12) malam WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *