Profil Timnas Argentina, Juara Dunia 2022 yang akan Lawan Indonesia

Profil Timnas Argentina

Lionel Messi cs mengangkat trofi Piala Dunia 2022. (Foto: Reuters)

BERITAINBOLA.COM – Tim nasional Argentina, yang dikenal dengan sebutan La Albiceleste, adalah salah satu tim sepak bola paling sukses dalam sejarah. Tim yang dikapteni oleh Lionel Messi ini telah memenangkan berbagai gelar internasional dan melahirkan beberapa pemain terbaik di dunia, berikut profil Timnas Argentina.

Profil Timnas Argentina

Tim nasional Argentina didirikan pada tahun 1901 dan bergabung dengan FIFA pada tahun 1912.

Argentina adalah salah satu dari delapan tim yang berpartisipasi dalam turnamen Piala Dunia pertama pada tahun 1930 di Uruguay. Mereka mencapai final, tetapi kalah dari tuan rumah dalam pertandingan yang sengit.

Kesuksesan Argentina dimulai pada tahun 1978 ketika mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia. Di bawah kepemimpinan pelatih Cesar Luis Menotti, Argentina meraih gelar Piala Dunia pertama mereka dengan mengalahkan Belanda 3-1 dalam pertandingan final.

Mario Kempes menjadi bintang turnamen dengan mencetak dua gol dalam pertandingan final. Kemenangan ini menjadi tonggak sejarah bagi sepak bola Argentina.

Baca juga..  34 Pemain untuk TC Piala Dunia U-17 2023, Ada 6 Pemain Keturunan

Juara Piala Dunia Beruntun

Empat tahun kemudian, Argentina kembali meraih keberhasilan besar dengan memenangkan Piala Dunia 1982 di Spanyol. Di bawah kepemimpinan pelatih legendaris, Carlos Bilardo, tim Argentina yang dipimpin oleh Diego Maradona menunjukkan performa yang luar biasa.

Maradona, dengan kejeniusannya, membawa Argentina meraih kemenangan yang mengesankan dengan mencetak lima gol dan memberikan banyak assist selama turnamen tersebut.

Namun, kejayaan terbesar Argentina datang pada tahun 1986 ketika mereka kembali memenangkan Piala Dunia, kali ini di Meksiko. Diego Maradona menjadi pahlawan Argentina dengan penampilan luar biasa.

Ia mencetak gol legendaris “Tangan Tuhan” dan “Gol Abadi” dalam perempat final melawan Inggris. Argentina akhirnya mengalahkan Jerman Barat 3-2 dalam pertandingan final untuk meraih gelar juara dunia ketiga mereka.

Juara Piala Dunia 3x

Selanjutnya ada tanggal 18 Desember 2022, di Stadion Lusail, Qatar, Piala Dunia 2022 berakhir dengan Argentina mengalahkan juara bertahan Prancis dalam adu penalti dengan skor 4-2. Kemenangan ini menciptakan sejarah baru bagi Lionel Messi dan tim Argentina, karena mereka telah menunggu sejak tahun 1986 untuk meraih gelar juara Piala Dunia.

Baca juga..  Ingin Liburan, Lionel Messi Batal ke Indonesia! Berikut Konfirmasi Jurnalis

Lionel Messi, kapten tim Argentina, membuat sejarah baru dalam karirnya. Setelah mengikuti Piala Dunia sejak tahun 2006, Messi akhirnya mengakhiri penantian gelar Piala Dunia dengan membawa pulang trofi tersebut ke negaranya. Trofi Piala Dunia merupakan satu-satunya trofi yang belum pernah dimiliki Messi dalam karirnya yang cemerlang.

Argentina sebelumnya menjadi juara Piala Dunia pada tahun 1978 dan 1986 era kapten Diego Maradona. Lionel Messi kembali mengulang prestasi gemilang Maradona di edisi 2022, dengan demikian Argentina sudah mendulang 3 gelar sejauh ini.

Baca Berita dan Artikel Beritain Bola lainnya di Google News!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *